Masih dalam suasana libur lebaran, tanggal 9 juli 2016 saya, suami dan 3 teman mencoba mengunjungi tempat wisata di Taliwang yang belum pernah kita kunjungi yaitu Labuhan Balat. Menuju lokasi Labuhan Balat tidaklah sulit. Begitu sampai di kota Taliwang, nantinya kita menemukan pertigaan jalan besar kalau kekiri menuju Maluk atau Sekongkang sedangkan kalau terus menuju Labuhan Balat. Dari pertigaan itu sampai lokasi ke Labuhan Balat tidak terlalu jauh sekitar 10 menit.

lab balat taliwang11

Karena masih dalam suasana Lebaran, waktu kita kesana pantainya padat oleh orang-orang lokal yang berekreasi dengan keluarganya. Meskipun ramai pengunjung, kita masih dapat tempat parkir mobil. Tujuan pertama kita setelah sampai di Labuhan Balat adalah mencari toilet. Maklum, ditahan-tahan setelah melalui ±3 jam perjalanan dari Sumbawa Besar. Tidak heran toilet umum yang tersedia seperti kebanyakan toilet-toilet umum yang ada di tempat wisata di Indonesia kebanyakan, terkesan apa adanya dan tidak terjaga kebersihannya. Tapi masih mendinglah ada toilet ketimbang kita harus buang air kecil di semak-semak. Hahaha

lab balat taliwang16

lab balat taliwang15

Labuhan Balat merupakan pantai yang bisa dibilang luas dengan pasir yang cenderung berwarna coklat. Ombaknya tidak terlalu besar sehingga banyak anak-anak maupun orang dewasa yang melakukan aktifitas berenang ataupun sekedar main air. Selain itu banyak juga yang hanya duduk-duduk berkumpul dengan keluarga sambil menikmati hidangan makanan seperti ikan bakar yang dijual disana.

lab balat taliwang14

Labuhan Balat menurutku lebih ke pantainya orang lokal ketimbang turis asing karena tidak terlihat adanya turis asing pas kita kesana. Hal ini mungkin karena antara ombak laut yang kurang menantang untuk berselancar dan pasir pantainya kurang cocok untuk berjemur atau memang pas kita kesana bukan pas musim liburannya para bule. Tapi kalau tujuannya memang refreshing bersama teman atau keluarga, main air ataupun pasir…Labuhan Balat bisa dijadikan salah satu tujuan yang boleh dipertimbangkan mengingat pantainya yang cukup luas.

Advertisements