Sesuai dengan namanya, Warung Lesehan Santong ini berada di desa Teluk Santong, Kecamatan Plampang, Kabupaten Sumbawa. Jaraknya ±100 km dari kota Sumbawa Besar atau ± 2 jam perjalanan. Kalau dari kota Sumbawa Besar, Warung Lesehan Santong ini berada di kiri jalan tidak jauh dari kota Empang.

teluk santong6

Dulu pernah kita pertama kali kesini waktu habis dari kota Dompu tapi apesnya kok ya pas tutup. Akhirnya kali ini kesampaian pergi kesana lagi karena ada penasarannya juga karena banyak orang Sumbawa bilang masakan seafoodnya enak plus tempat makannya nyaman untuk makan ramai-ramai. Cuma ada satu kekurangannya yaitu lokasinya jauh dari kota Sumbawa Besar, jadi tidak bisa sering-sering makan disana. Hahaha

Rumah makannya tergolong strategis karena berada di pinggir jalan. Tapi spanduk petunjuk rumah makannya masih minim. Tapi meskipun minim petunjuk, kebanyakan orang-orang Sumbawa sendiri sudah tahu semua kalau makan di Teluk Santong ya disinilah tempatnya. Malah biasanya mereka pesan lewat telepon dulu pesan menunya dan bilang akan datang jam berapa karena untuk mencegah kehabisan stok ikannya. Jadi begitu datang tinggal duduk manis dan pesanan tidak lama akan disajikan.

teluk santong9
stok ikan yang boleh dipilih sebelum diolah

Warung lesehan ini menyajikan menu hidangan seafood terutama ikan yang salah satunya diolah menjadi masakan khas Sumbawa yaitu hidangan sepat dan singang. Sebenarnya kita sempat telepon dulu untuk pesan menu tapi disuruh langsung datang saja karena memang kita datang masih dalam momen Lebaran sehingga banyak juga rombongan keluarga-keluarga yang makan bersama disana. Meningkatnya jumlah pembeli dimomen Lebaran ini membuat mereka hanya menerima 1 menu saja yang simple dan cepat saji yaitu ikan bakar. Karena itu kali ini kita belum jodoh merasakan menu masakan khas Sumbawanya ala Warung Lesehan Santong.

teluk santong4

Tidak heran banyak keluarga yang menikmati momen Lebaran makan bersama disini. Warungnya sih memang sederhana tapi menariknya, untuk para pengunjung disediakan baruga atau semacam saung atau pondok kecil untuk makan lesehan yang dibangun diatas laut meski ada juga makan pakai meja kursi di dalam warungnya. Suasana rumah makannya enak untuk refreshing keluarga ataupun bersama teman-teman sambil menikmati hidangan seafood.

teluk santong3

teluk santong

teluk santong5
Salah satu baruga yang disediakan bagi para pengunjung yang mau beribadah

Kita datang kesana langsung memilih ikannya dulu yang masih tersedia seperti kerapu, baronang, kakap, dll yang masih segar-segar, ditimbang (1.5 kg), dicatat lalu diberi nomor antrian, baru setelah itu cari tempat duduk. Maunya sih duduk di salah satu baroganya tapi semua full dengan rombongan-rombongan keluarga. Berhubung kita hanya datang berdua ya akhirnya makan di dalam warungnya saja karena memang kita tidak berlama-lama juga.

teluk santong2

teluk santong10
ikan bakar siap santap plus pelengkap sambal tomatnya

3 ikan bakar beserta nasi, minuman dan pelengkap sambalnya dihantar tidak lama setelah kita duduk. Rasa ikan bakarnya ringan, tidak banyak bumbu-bumbu yang terasa tapi rasa ikannya sendiri yang sudah enak karena faktor ikan yang masih segar itu. Tidak butuh waktu yang lama untuk kita menghabiskan semuanya. Sejauh ini, dari segi rasa masakannya enak dan harga terjangkau…suatu saat kita bakal balik lagi untuk mencoba menu masakan yang lain.

teluk santong7

 

Warung Lesehan Santong (ibu Endang)

Jalan Lintas Sumbawa – Bima
Telp: 087863685867
Advertisements