Tanah Lot merupakan salah satu destinasi wisata di Bali yang sudah terkenal dari dulu dan bisa dibilang wisata wajib plus wisata favorit kalau baru pertama kali mengunjungi Bali. Belum lama ini, Tanah Lot juga dijadikan salah satu destinasi dalam acara reality show The Amazing Race nya Amerika. Bagi para penggemar The Amazing Race pasti sudah tahu dan yang sudah lihat termasuk aku, ada rasa bangga juga karena pemandangan di Indonesia tidak kalah menariknya dengan yang di luar negeri. Jadi jangan heran ya kalau Tanah Lot tidak pernah sepi pengunjung baik dalam maupun dari luar negeri.

tanah lot23

Tanah Lot berlokasi di Desa Beraban, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, ± 25 km dari Denpasar dan tidak terlalu jauh dari lokasi pantai Batu Bolong. Cari lokasinya pun tidak sulit karena sudah banyak petunjuk-petunjuk jalannya. Kalau seumpama mau menginap di daerah Tanah Lot pun tidak usah bingung karena sudah banyak hotel-hotel yang tersedia disana karena memang daerah sana sudah termasuk daerah turis juga.

Memasuki lokasi wisatanya, kita langsung menuju tempat parkir yang mengharuskan kita membayar 5 ribu untuk mobil dan kita bisa langsung melihat luasnya tempat parkir yang tersedia baik untuk bus-bus pariwisata maupun kendaraan pribadi. Dari tempat parkir, kita akan diarahkan ke pintu masuk yang sebelumnya kita bayar per orangnya 15 ribu dan melewati penjual souvenir yang berderet panjang dan rapi sampai kita tiba di lokasi pura.

tanah lot
area parkir
tanah lot19
penjual-penjual souvenir sepanjang jalan masuk

tanah lot20

Meski lokasi Tanah Lot agak jauh dari pusat kota Denpasar tapi wisata ini tetap layak untuk dikunjungi karena keindahan pura yang dilatar belakangi pemandangan yang tidak kalah cantiknya…apalagi kalau datang pas sunset…hmm…silakan dibuktikan sendiri. Hehehe

Di Tanah Lot, terdapat 2 pura. Satu terletak di atas bongkahan batu dan satunya terletak di atas tebing mirip dengan Pura Uluwatu. Sesuai dengan arti Tanah Lot yang berasal dari kata ‘tanah’ yang artinya pulau dan ‘lot’ yang artinya laut…pada saat air laut pasang, ke 2 pura tersebut seakan-akan berada ditengah laut.

tanah lot15

tanah lot18

Selain pura, ada daya tarik lainnya yang bisa kita lihat di Tanah Lot yaitu 2 buah gua yang satu gua mata air tawar dan yang lain gua ular suci. Di gua mata air tawar, uniknya terdapat sumber mata air tawar dari deburan air laut yang asin yang konon dipercaya jika kita meminum atau hanya membasuh disertai doa bisa sembuh dari penyakit. Sedangkan di gua ular suci, kita bisa melihat ular suci berwarna belang hitam putih yang dipercaya dulunya sebuah selendang poleng milik Danghyang Nirarta yang kemudian dirubah menjadi seekor ular dan hingga kini ular tersebut diyakini sebagai ular suci penjaga pura Tanah Lot. Para wisatawan bisa memegang dan berfoto dengan ular suci tersebut meski dikatakan ular suci itu berbisa karena ularnya sudah jinak dan disana ada pawang ular yang selalu menjaga agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

tanah lot17

tanah lot24

Berhubung waktu kita kesana cuaca sedang tidak bersahabat, jadi kita tidak sempat melihat ke 2 gua itu…hanya sempat berfoto-foto sebentar saja. Jadi, kalau ada kesempatan lagi kita bakal balik lagi karena selain untuk melihat secara jelas ke 2 gua itu, juga untuk melihat pemandangan air terjun pantai Melasti dari Tanah Lot.

Advertisements