warung rarang lombok2

Kenapa disebut Warung Rarang? Karena warung ini berada di daerah Rarang, Lombok Timur. Sesuai seperti namanya warung, tempat makan ini memang warung sederhana kalau di Jawa seperti warteg. Orang-orang mulai mengenal warung ini tidak lepas dari peran sopir travel Lombok-Sumbawa. Dikarenakan dulu sebelum ada pesawat, transportasi Lombok-Sumbawa hanya mengandalkan travel saja dan biasa para sopir travel mampir beli nasi di Warung Rarang ini dan berlanjut sampai sekarang.

warung rarang lombok3

Menu andalan (atau satu-satunya menu?) disana adalah sajian potongan ayam kampung yang dicampur aduk dengan bumbu sambal yang telah dimasak dan digoreng terlebih dahulu. Beda dengan kuliner ayam taliwang yang cenderung lebih simple, ayam kampung utuh dibakar dulu dengan bumbu dan disajikan terpisah dengan bumbu sambalnya. Sama-sama kuliner ayam tapi beda penyajian, beda rasa dan yang penting sama-sama enak.

warung rarang lombok6

Selain itu di Warung Rarang juga tersedia potongan ayam gorengnya dan lauk pelengkap seperti sayur bayam dan kacang kedelai goreng yang kriuk-kriuk. Seringnya menu andalan ini aku sebut nasi rarang atau ayam rarang. Ternyata setelah aku baca spanduknya, yang benar ternyata plecing ayam. Rasa sambalnya itu lho yang bikin kangen…beda dari yang lain. Kesan pertama makan pun bagiku langsung berkesan dan menjadi salah satu kuliner wajib kalau aku dan suami ke Lombok.

warung rarang lombok

 

Advertisements