taliwang irama lombok5

Salah satu kuliner yang wajib dicoba kalau pergi ke Lombok apalagi kalau bukan ayam taliwang. Sajian ayam taliwang ini berupa ayam kampung muda (atau ayam pejantan?) yang dibakar atau digoreng ditambah bumbu-bumbu khas ala taliwang (saosnya). Biasanya orang-orang yang baru pertama kali merasakan ayam taliwang di Lombok, kaget dengan ukuran ayamnya yang kecil dibanding ukuran ayam kampung pada umumnya. Mungkin bisa dibilang mirip ukuran anak ayam kali ya…

Meski sudah banyak hidangan ayam taliwang di restoran-restoran di luar pulau Lombok, tapi tetap saja ayam taliwang di Lombok yang paling mantab rasanya. Sajian ayam taliwang ini lebih mantab lagi kalau ditambah plecing kangkung atau beberuk terong plus nasi hangat. Apalagi kangkung khas Lombok juga beda dari segi tekstur sayurnya. Kalau yang di Lombok, sayur kangkungnya besar di batang…jadi kalau dimakan bisa ’kress…kress’ dan ditambah sambal plecing…mak nyoss banget!!

Kuliner ayam taliwang yang ala restoran ada banyak di Lombok seperti Dua Em Bersaudara, H. Moerad, Kania, Pak Udin, Irama, dll. Tapi kita lebih seringnya makan di Lesehan Taliwang Irama yang ada di Jl. Ade Irma Suryani no 10 dikarenakan sudah hapal jalan kesananya dibanding yang lain.

taliwang irama lombok12

taliwang irama15

Lesehan Taliwang Irama ini tidak asing lagi oleh wisatawan-wisatawan asing maupun lokal. Hari biasa saja sudah ramai apalagi kalau liburan, bisa antri meja makannya. Karena hampir tidak pernah sepi pembeli, biasa di luar restoran ada beberapa pedagang souvenir yang memanfaatkan kesempatan untuk menjajakan dagangannya seperti mutiara dan kaos. Negatifnya Lesehan Taliwang Irama ini, tempat parkirnya terbatas apalagi jalan Ade Irma Suryani sendiri tidak terlalu lebar dan termasuk jalan yang padat. Kalau pas musim liburan, saranku mending kesananya naik taksi ketimbang naik mobil sendiri…karena untuk jumlah meja makan yang tersedia di dalam lumayan banyak dan tempatnya juga lumayan luas. Jadi kalau parkiran didepan full, belum tentu didalam juga full mejanya.

taliwang irama lombok11

Kali ini, kita kuliner disana pas tidak terlalu ramai dalam arti bisa dapat parkir mobil. Untuk makannya kita pilih ayam taliwang bakar madu dan ayam taliwang bakar pedas beserta pelengkapnya beberuk terong sedangkan plecing kangkungnya tidak kita pesan karena pas perut kita waktu itu kurang enak takut bikin tambah mules. Dengan 3 menu itu saja sudah bikin kita makan dengan lahapnya…rasanya mau nambah terus makannya.

taliwang irama4

Sebenarnya Lesehan Taliwang Irama juga menyajikan menu lainnya…tidak hanya terbatas pada menu ayam taliwang saja. Tapi berhubung aku juga bukan orang yang tinggal di Lombok, jadi kalau tiap makan di Lesehan Taliwang Irama ya pilihnya selalu menu utamanya donk…karena selalu bikin kangen sama rasa bumbu ayam taliwangnya..Hmmm…

taliwang irama5

Lesehan Taliwang Irama
Jl. Ade Irma Suryani no 10, Karang Taliwang, Cakranegara, Mataram-NTB
Jam Buka: 8 AM - 10.30 PM
Telp: 0370-623163
Advertisements