Berhubung hari raya Idul Adha toko tutup 2 hari (24-25 Sept’2015), memang rencanaku dan suami mau pergi tapi belum tahu mau kemana. Pertama mau ke Pantai Labu Pade daerah kota Alas sekalian ajak pegawai yang tidak pada mudik tapi ternyata mereka pilih untuk istirahat daripada pergi. Karena itulah secara dadakan aku dan suami memutuskan secara mendadak pergi ke Pantai Sekongkang (arah ke kota Taliwang, Sumbawa Barat) yang termasuk salah satu pantai terkenal oleh para peselancar dunia karena ombak yang besar. Karena memutuskannya dadakan, kita berangkat dari rumah pun juga siang. Berangkat jam 1 siang, sampai di Sekongkang kurang lebih jam 5 sore. Jarak antara kota Sumbawa Besar – Sekongkang ±150 km. Bisa dibilang kita jalannya santai karena memang baru pertama kali ke daerah Taliwang dan melihat pemandangan yang disuguhkan selama perjalanan. Kesimpulannya? Tidak tahu kenapa meski Sumbawa Besar bisa dibilang termasuk panas hawanya tapi daerah Taliwang dan sekitarnya menurutku lebih terasa panas dan gersang. Bukit-bukit selama perjalanan yang aku lihat kebanyakan warna coklat gersang. Mungkin karena kita perginya pas puncak-puncaknya musim kemarau juga.

Untuk mencapai daerah Sekongkang tidak terlalu sulit. Kita menuju ke kota Taliwang dulu lalu Maluk (tambang emas PT. Newmont), barulah sampai di Sekongkang. Kalau masih bingung, tanya orang arah jalan apalagi kalau ketemu pertigaan yang tidak ada petunjuk arah.

Jangan dibayangkan pantai Sekongkang ada tempat khusus wisatanya kaya pantai Parangtritis di Yogya ya…karena kebanyakan pantai di Sekongkang untuk menikmatinya kita harus masuk ke area hotel / menginap disalah satu hotel dipinggir pantai Sekongkang.

Ada beberapa hotel yang tersedia di Sekongkang, dibilang banyak sih engga tapi lumayanlah seperti Tropical Beach, Yoyo, Sing Ken Ken, Villa Surga, dll. Pertama kita menuju Tropical Beach Hotel, tapi tarif per kamar tidak sesuai budget kami karena dikenakan tarif dollar kurang lebih 180 USD per malam. Kita disarankan menginap di Yoyo Hotel oleh pegawainya sana dengan tarif yang lebih “masuk akal”. Akhirnya kita pun memutuskan menginap di Yoyo’s Hotel

yoyo
Papan hotel Yoyo di pinggir jalan

Setelah check in dan taruh tas di kamar, kita langsung menuju ke pantainya untuk menikmati sunset. Pantai Sekongkang yang ada di kawasan Yoyo’s Hotel memiliki pasir putih dan juga berbatu. Batu-batunya sih bukan batu yang tajam-tajam yang mengharuskan kita pakai sandal tapi kaya batu sungai. Kita disana benar-benar serasa memiliki private beach…tidak ada orang sama sekali di pantainya. Enak banget apalagi pemandangan sunsetnya bagus.  Pas kita ke sini memang bukan musim untuk berselancar dikarenakan anginnya terlalu keras. Barengan kita saja kemarin cuma 2 keluarga bule. Biasa kalau bukan pas musim selancar, kebanyakan yang menginap biasanya orang-orang yang kerja di PT. Newmont ntah itu orang lokal atau orang asing.

yoyo beach pantai

sekongkang

Wisata di Sekongkang adanya ya wisata pantai saja. Minimarket kaya Alfamart saja agak jauh dari lokasi pantai. Untungnya kita sudah beli barang-barang yang bakal diperlukan seperti air minum, camilan, dll. Untuk makan malam kita juga makan di barnya Yoyo’s Hotel karena di daerah sini juga jarang terdapat warung makan.

yoyo beach menu
Menu makanan di Yoyo’s hotel
yoyo beach dinner
Dinner at Yoyo’s hotel. Kiri ke kanan: orange juice, banana smoothies, nasi campur dan pizza proscutto e fungi

Paginya kita bangun agak pagi untuk menikmati cahaya pagi (bukan sunrise) dan tentu saja untuk foto-foto. Karena cuacanya pas sunset semalam bagus, berharap juga pemandangan pada pagi hari juga bagus dan ternyata memang bagus!! Hehehe Apalagi sepi cuma sama suami, liat deburan ombak besar di tengah laut dengan hamparan pasir putih lembut berbatu. Aku menikmati pemandangan sekitar, suami sibuk foto sana sini.

sekongkang2

Setelah matahari naik, kita mengisi waktu dengan main billiard dan ping pong di barnya hotel sambil menunggu breakfastnya tersedia. Balik ke kamar lagi untuk mandi setelah perut kenyang dengan breakfast omlet telur, sosis, toast, ham dan kentang goreng. Habis mandi langsung beres-beres untuk check out hotel dan balik ke Sumbawa Besar.

yoyo beach breakfast
Breakfast

Sebenarnya pantai di daerah Taliwang / Sumbawa Barat masih ada banyak seperti pantai Maluk, Kertasari, dll tapi kita simpan untuk kesempatan yang akan datang.

Advertisements