Sudah beberapa kali kita direkomendasi untuk kuliner sop ikan Mak Beng waktu di Bali tapi belum kesampaian karena jarang main ke daerah Sanur, aku yang tidak terlalu suka sama makanan yang panas-panas karena makannya bisa lama dan suami tidak terlalu suka sama makanan yang berbau ikan karena tidak suka kalau masih bau amis. Tapi setelah kita kesana…bisa dipastikan bakal balik lagi kalau main ke Bali. Hehehe

Kita kuliner ke Mak Beng sebenarnya pas kita mau berangkat ke Nusa Lembongan, karena memang penyebrangan ke Nusa Lembongan di daerahnya Mak Beng jl. Hang Tuah, tapi tempat makannya ramai banget apalagi pas jam makan siang…karena itu kita mengurungkan niat daripada nanti ketinggalan kapal.

Tapi akhirnya kita bisa kuliner untuk pertama kalinya disana waktu habis balik dari Nusa Lembongan (11 Agustus 2015), sekitar jam setengah 9 pagi. Masih sepi banget, cuma ada 1-2 orang saja yang makan. Tanpa pikir panjang ya kita langsung makan pagi disana.

warung mak beng4warung mak beng

Sesuai namanya, warung Mak Beng bisa dibilang nuansanya bukan seperti restoran mewah atau pun tempat untuk nongkrong berjam-jam. Malah seperti nuansa rumah, tempatnya tidak terlalu luas, mengandalkan udara dari luar alias non AC (meski begitu tidak terlalu panas karena ruangannya terbuka). Orang mau nongkrong lama-lama pun juga tidak nyaman karena banyaknya orang yang mengantri di luar untuk dapatin tempat duduk. Hiasan dinding disana dipenuhi foto-foto artis yang pernah makan disana.

warung mak beng5warung mak beng3

Harga makanan dan minuman pun jelas alias tidak tergantung yang makan orang domestik atau turis asing meski menu makanan yang disajikan cuma 1 macam saja yaitu satu paket menu yang terdiri dari nasi putih, ikan goreng dan sop ikan (harganya 34 ribu). Langsung dah kita pesan 2 porsi plus 2 es jeruk.

w mak beng

Penyajiannya pun tidak perlu nunggu lama. Sop ikannya segar banget tidak bikin eneg, tidak bau amis. Bisa dibilang sopnya khas karena dibumbui dengan rempah-rempah ala Bali, ada rasa asam dan pedasnya campur jadi satu. Ikan gorengnya disajikan potongan kayak kalau kita beli ikan tengiri goreng di rumah makan Padang, rasa gurihnya pas. Ditambah pelengkap sambal terasi yang mak nyosss. Selain pedasnya kerasa, rasanya juga enak dan cocok untuk dimakan sama ikan goreng, sop dan nasi hangat. Untuk kita yang suka pedas standar, sambal yang diberikan untuk 1 porsi cukup untuk kita. Waktu itu ada bule yang suka pedas, sampai pesan sambalnya 3x.

warung mak beng2

Warung Mak Beng menjadi salah satu rekomendasi kulinerku kalau ada yang baru main ke Bali. Dijamin nagih!

Note: belum lama ini ada kesempatan balik lagi untuk kuliner di Warung Mak Beng kedua kalinya (5 April 2016) , harganya naik dari 34 ribu jadi 45 ribu. Dari segi rasa tetap sama enaknya dan tetap sama ramainya.

Warung Mak Beng
Jl. Hang Tuah no 45, Sanur - Bali
Jam Buka: 8 AM - 10 PM
Telp: 0361-282633
Advertisements